Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi

Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi - Hallo pengunjung Setia blog Lagi Viral, apakabar hari ini..? Semoga sehat selalu yah... Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membagikan sebuah artikel yeang ber judul Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi, penulis telah mempersiapkan postingan ini dengan baik untuk kamu baca dan bisa bermanfaat untuk kamu. mudah-mudahan isi artikel Artikel Politik, yang penulis bagi ini bisa di mengerti dan pahami. oke, langsung saja.

Judul : Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi
link : Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi

Baca juga


Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi


Perairan Indonesia sangat bernilai penting bagi banyak negara, sebagai salah satu chokepoint di dunia yang patut dijaga keamananannya. Jadi "wajar" mengapa Australia dan Amerika ingin agar kita membuka ALKI di Timur, itu salah satu akses utara-selatan yang cukup singkat, selain faktor-faktor intelijen lainnya. Misalnya, banyaknya pulau-pulau yang berserakan dari pulau We hingga Guam bahkan Vanuatu potensial dapat menjadi hidden submarine base. Subsnya bisa diisi siapa saja, RRC, Australia, Amerika, dan mungkin Indonesia.


Menarik jika dihubungkan dengan rencana Australia menambah/mengganti armada kaselnya dengan yang lebih besar dari Collins class dan berkemampuan menembakkan rudal. Petinggi militer Australia sendiri sudah menyatakan rencana pembaruan armada kaselnya itu untuk memonitor wilayah utara: Indonesia, Laut Cina Selatan, dan Melanesia. Belum lagi sokongan RRC dengan ide Poros Maritim kita.

Bahkan RRC menawarkan konsep Jalur Sutera Maritim pada Indonesia sejak Oktober 2014 lalu. Bahkan dalam pertemuan APEC kemarin, RRC gencar merayu Presiden Indonesia dengan konsep Jalur Sutera Maritim tersebut. Apa kepentingan RRC? Jelas dia ingin mengamankan String of Pearls yang membentang dari Afrika-TimurTengan hingga ke RRC. 30 persen suplai energi RRC melewati Selat Malaka, so wajar lah RRC menyokong ide Poros Maritim RI.

String of Pearls sendiri sebenarnya deretan military base Cina di Pakistan, Bangladesh, Myamar dan Pulau Hainan. Ini permainan geopolitik, maka pemerintah harus benar-benar cermat. Salah langkah sedikit saja, kita bisa digempur RRC juga blok Aglo-Saxon sekaligus. Persoalan chokepoint ini bisa menjadi isu internasional dan memancing kedatangan pasukan multinasional juga. Inget perang Terusan Suez antara Mesir dengan negara-negara Barat?


Quote:
RRC sendiri punya alternatif jika Selat Malaka ditutup. Ada 3 scenario SLOC (Sea Lines of Communication) Cina:

1. Kapal migas Cina melalui Selat Melaka
2. Jika Selat Melaka tutup, alternatif melalui Selat Sunda
3. Jika Selat Melaka dan Sunda tutup melalui Selat Lombok
Dapat dimengerti jika kemudian Australia-Amerika pun latah ngotot minta dibukanya ALKI di Timur. Karena mereka pun khawatir andai Selat Malaka ditutup dan Cina melewati Selat Lombok, maka izinkanlah Australia-Amerika pun memantau armada Kuning.


Demikianlah Artikel Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi

Sekianlah postingan Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sudah berkunjung kemari jika ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi patner blog di bawah ini. baiklah, sampai bertemu lagi di artikel selaanjutnya.

kamu sekarang telah baca postingan Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi Sumber dari https://agentaruhancmdbetonline.blogspot.com/2014/11/di-balik-dukungan-cina-terhadap-poros.html

0 Response to "Di Balik Dukungan Cina Terhadap Poros Maritim Jokowi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel